Selasa, 15 Mei 2018

Praktikum 04 – Camera Depth, Multi Pass Render, dan Compositing using A


  1.       Judul                     : Camera Depth, Multi Pass Render, dan Compositing using AE

   2.       Tujuan                 :
Pada praktikum ini, mahasiswa diajak untuk mengincipi sedikit tentang Compositing menggunakan After Effect. Dimulai dengan render setting di Cinema 4D kemudian pada kegiatan compositing di After Effect.

   3.       Alat                       :
·         Adobe After Effect CC
·         Maxon Cinema 4D

   4.       Bahan                   : Hasil praktikum sebelumnya berupa animasi Logo MCU’s Spider-Man.

   5.       Dasar Teori         :
            A.      Camera Depth
Merupakan rentang lebar sebuah area yang bisa ditangkap oleh kamera.
           B.      Multi-Pass Rendering
Multipass render adalah teknik yang banyak digunakan dalam industri CGI profesional, dan telah menjadi lebih dan lebih umum digunakan dalam komunitas grafis umum. Multipass render memiliki banyak keunggulan dibandingkan single pass rendering, yang memungkinkan lebih banyak kontrol atas setiap elemen dari adegan, kontrol yang lebih baik atas tampilan akhir adegan, dan membuat tweaker dan menyesuaikan gambar akhir atau animasi lebih mudah dan lebih sedikit waktu mengkonsumsi rendering adegan sekaligus dan harus kembali membuat seluruh menyesuaikan rincian kecil atau melakukan perubahan.
            C.      Depth of Field
Dalam optik , terutama yang berkaitan dengan film dan fotografi, depth of field (DOF), juga disebut rentang fokus atau rentang fokus yang efektif, adalah jarak antara benda terdekat dan terjauh dalam sebuah adegan yang muncul diterima tajam dalam foto. Meskipun lensa justru bisa fokus hanya pada satu jarak pada suatu waktu, penurunan ketajaman bertahap pada setiap sisi jarak fokus, sehingga dalam DOF, unsharpness ini tak terlihat di bawah kondisi tampilan normal.
            D.      Compositing
Compositing adalah kombinasi dari unsur-unsur visual dari sumber terpisah menjadi gambar tunggal, sering untuk menciptakan ilusi bahwa semua elemen adalah bagian dari adegan yang sama. Penembakan live-action untuk compositing adalah berbagai disebut "chroma key", "blue screen", "layar hijau" dan nama lain. Saat ini, kebanyakan, meskipun tidak semua, compositing dicapai melalui manipulasi gambar digital. Teknik compositing pra-digital, bagaimanapun, kembali sejauh film trik Georges Méliès pada akhir abad ke-19, dan beberapa masih digunakan.

     6.       Tugas Praktikum              :
Pada animasi logo favorit yang dibuat sebelumnya, tambahkan :
·         Multi-Pass Rendering untuk logo, objek sekunder, BG, dan depth.
·         Import masing-masing render sequence ke AE. Buat composition untuk masing-masing objek yaitu logo, secondary, dan BG.
·         Implementasi DOF di AE menggunakan effect Camera Lens Blur.

     7.       Petunjuk             :
         1.       Setting Camera DOF di Cinema 4D
         2.       Multi-Pass Rendering untuk logom objek sekunder, BG, dan depth.
         3.       Import masing-masing image sequences ke AE
         4.       Implementasi DOF di AE menggunakan Camera Lens Blur.

     8.       Hasil Praktikum :
Adding Depth of Field :

Proses Multi-Pass Rendering :


Render Camera Lens Blur in After Effect :


Screen Recoding :


 9.       Kesimpulan        :
Pada praktikum kali ini saya tidak terlalu mengalami kesulitan, dengan adanya praktikum ini saya jadi lebih paham cara untuk compositing dari Cinema 4D ke After Effect dimana sebelumnya saya belum tahu cara nya.

     10.   Referensi            :
·         www.mohhasbias.com

Praktikum 04 – Camera Depth, Multi Pass Render, dan Compositing using A Rating: 4.5 Diposkan Oleh: LordTamvan

0 komentar:

Posting Komentar

Translate