Jumat, 16 Maret 2018

Prak 02 – Camera Path, Lighting, and Material




2.       Tujuan                  :
Pada praktikum ini, belajar tentang elemen yang bisa ditambahkan pada sebuah animasi 3D yaitu Camera, Lighting, Material. Camera Path diimplementasikan menggunakan spline. Lighting menggunakan Physical Sky dan Area Light.

3.       Alat                        :
·         Adobe Illustrator
·         Maxon Cinema 4D

4.       Bahan                   : Hasil praktikum sebelumnya berupa animasi Logo PENS berputar 360 derajat.

5.       Dasar Teori         :
A.      Perbedaan Motion Guide Pada Flash dan Camera Path.
Motion guide pada Adobe Flash merupakan garis/jalur pergerakan yang kita buat untuk menghubungkan posisi objek dari frame satu ke frame lainnya. Camera Path pada Cinema 4D merupakan jalur camera dimana camera dapat mengarah ke objek walau sedang dalam perubahan posisi (bergerak).
B.      Perbedaan Physical Sky da Area Light.
Physical Sky merupakan elemen latar belakang pada Cinema 4D dimana keadaan background yang menyerupai keadaan langit dapat dapat disesuaikan dengan tanggal dan waktu. Area Light merupakan bagian pada Cinema 4D yang digunakan untuk memberikan tambahakn pencahayaan dan dapat disesuaikan intensitas beserta arah dari cahaya tersebut, sehingga cahaya dapat menerangi bagian objek yang diinginkan sesuai dengan tingkat pencahayaan yang ditentukan.
C.      Pengertian material beserta contohnya.
Material biasanya ditambahkan pada akhir pembuatan animasi, bagian ini digunakan untuk menyempurnakan presentasi dari anmasi yang telah dibuat. Terdapat beberapa elemen pada material yaki color, diffusion, luminance, transparency, environment, bump, fog, dll.

6.       Tugas Praktikum               :
Pada animasi logo favorit yang dibuat sebelumnya, tambahkan :
·         Pergerakan kamera menggunakan teknik camera path.
·         Lightning sederhana dan mudah menggunakan Physical Sky dan Area Light.

7.       Petunjuk             :
1.       Pergerakan camera menggunakan Camera Path, lebih spesifik lagi disebut spline.
2.       Menambahkan lighting menggunakan Physical Sky.
3.       Menambahkan lighting menggunakan Area Light.
4.       Menambahkan Material.

8.       Hasil Praktikum :

Screen Record




Hasil Praktikum


Prak 02 – Camera Path, Lighting, and Material Rating: 4.5 Diposkan Oleh: LordTamvan

0 komentar:

Posting Komentar

Translate