Selasa, 16 Januari 2018

Praktikum 14 - Final Project Animasi Komunitas ADAW (Animasi Part 2) Desember 20, 2017

1. Judul
    - Membuat video motion graphic komunitas ADAW - Tahap final

2. Tujuan
    - Memperkenalkan komunitas ADAW  dengan media video motion graphic

3. Alat
    - Adobe After effect CC 2017
      - Adobe Premiere Pro CC 2017

4. Bahan
    - Storyboard animasi ADAW
      - Animatics ADAW
      - Asset animasi

5. Dasar Teori
      Animasi
               Animasi adalah gambar bergerak berbentuk dari sekumpulan objek yang disusun secara beraturan mengikutio alur pergerakan yang telah ditentukan pada setiap perhitungan waktu yang terjadi. Gambar tersebut dapat berupa gambar makhluk hidup, benda mati, ataupun tulisan. Animasi secara umum dapat dikatakan sebagai suatu sequence gambar yang ditampilkan pada tenggang waktu tertentu sehingga tercipta sebuah ilusi gambar bergerak.

      Animatics (Story Reel)
                Motion graphic adalah percabangan dari seni desain grafis yang menggunakan penggabungan dari ilustrasi, typografi, fotografi, dan videografi dengan menggunakan teknik animasi. Motion grafis terdiri dari dua kata, motion yang berarti gerak dan grafis. Dari arti tersebut, bisa dikatakan bahwa motion grafis juga disebut dengan instilah grafis gerak.


6. Hasil Praktikum
       -Progress animasi final ADAW
                  Pada pembuatan animasi ini, terdapat perubahan kerja, yaitu animatics yang sebelumnya telah dibuat ditukar dengan tim satunya. Jadi tim kami mengerjakan animasi dengan berpatok dari animatics tim lain yang juga membhasa tentang komunitas ADAW.


Pada progress animasi ini, terdapat revisi yaitu video animatics yang telah jadi harusnya tidak boleh dipotong sesuai asset apa yang telah ditampilkan melainkan tetap utuh untuk menunjukkan perbandingan. 

7. Kesimpulan
               Pembuatan video animasi ini merupakan animatics yang telah dibuat oleh tim lain, sehingga kami diwajibkan untuk menyusun dari apa yang telah tim lain buat. Untuk tahapannya, kami akan melakukan pemasangan asset pada animatics terlebih dahulu setelah itu mulai menggantinya menjadi animatics.
                  Pembagian kerja dilakukan dengan pembagian panel tiap anggota tim. setiap tim sudah mendapatkan panel untuk ditempel dengan asset lalu diakhiri dengan animasi, setelah itu setiap tugas dicombine dan diubah ke video seutuhnya.

8. Referensi
      - http://www.idseducation.com/articles/apa-itu-animasi/ , diakses pada 15 Desember 2017
      - http://www.dafideff.com/2016/01/pengertian-motion-graphics-dan-cara-membuatnya.html , diakses pada 15 Desember 2017

Praktikum 14 - Final Project Animasi Komunitas ADAW (Animasi Part 2) Desember 20, 2017 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: LordTamvan

0 komentar:

Posting Komentar

Translate